Jumat, 14 Februari 2020

Renungan Untuk Diri Sendiri

Ku akui kadang suka muncul sesuatu yang random dalam otakku. Kadang ingin suka mengeluarkannya dalam bentuk tulisan. Jadi ku sangat berterimakasih kepada Blogspot, Twitter dan lain-lain yang telah memberikanku ruang untuk mengeluarkan unek2ku. Jadi tulisan ini adalah sebuah renungan dari diriku sendiri. Oke pasti setiap orang pernah, sedang atau akan memiliki masalah. Karena hidup di dunia ini tidak akan luput dari berbagai masalah dunia. Kita sebagai manusia ditempa Tuhan dengan diberikannya masalah. Masalah yang datang, akan bisa diukur seberapa kuat kita dan bagaimana cara kita menghadapinya. Ketika datang masalah pasti manusia akan menjadi lebih baik lagi, dia bisa belajar dari masalah tsb, bisa memperbaiki diri dan bisa lebih berfikir dewasa. Bahkan masalah tersebut bisa saja menjadi penyelamat bagi orang yang menghadapinya. Agar bisa selamat menghadapi masalah yang lain yang lebih berat, maka didatangkan masalah tersebut. 

Diriku memang sedang mengalami masalah. Tetapi aku mencoba untuk menghadapinya dengan mengambil beberapa sisi positifnya. Jangan meninggalkan atau menghindar dari masalah tanpa penyelesaian. Tetapi hadapi saja masalahnya. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kita lakukan ketika menghadapi masalah, ini hanya sharing saja menurut diriku. 


1. Hadapi Masalah dengan Ikhlas

Yakin saja setelah ada kesedihan pasti akan ada kesenangan atau kebahagiaan. Semua masalah terjadi atas kehendak Tuhan. Jadi tugas kita hanya bisa menerima dengan ikhlas. 

2. Jadikan Masalah sebagai Alat untuk Memperbaiki Diri

Semakin dewasa orang, pasti akan selalu dihadapkan dengan masalah yang lebih banyak dan lebih berat. Hal tersebut menuntut kita agar bisa lebih memperbaiki diri. Mungkin saja kita menerima masalah tersebut karena diri kita belum baik, sehingga Tuhan menegur dengan diberi masalah tersebut. Sehingga kita sebaiknya lebih memperbaiki diri. Ibarat kalau ingin mencari jodoh, sebaiknya kita perbaiki diri kita dulu InsyaAllah jodoh kita juga akan baik. 

3. Lebih Dekatkan Diri pada Tuhan

Dengan adanya masalah tersebut, kita sebaiknya lebih banyak mengadu pada Tuhan. Jangan terlalu terlihat banyak mengeluh di media sosial. Sebaiknya kita banyak berdoa agar bisa menyelesaikan dan menghadapi masalah tsb. Yakinlah bahwa jika melibatkan Tuhan dalam hal apapun pasti akan ada jalan. Tidak ada yang tidak mungkin jika kita melibatkan Tuhan, karena Tuhan mudah dalam membolak balikkan hati manusia. Kita hanya perlu banyak berdoa. 

4. Jangan terlalu Berharap Lebih pada Manusia

Hal wajib yang harus kita lakukan adalah kita hanya boleh berharap lebih pada Tuhan. Jika memang ada keinginan kita yang tidak dikabulkan, maka Tuhan akan menggantinya yang lebih baik untuk kita. Karena Tuhan lebih tau mana yang terbaik untuk kita. Tuhan memberi apa yang kita butuhkan, bukan yang kita inginkan (walaupun banyak juga yang dikabulkan sesuai keinginan). 
Kalau kita berharap hanya pada Tuhan, pasti tidak akan pernah kecewa. Yang membuat kecewa adalah ketika kita banyak berharap pada manusia. Bahkan banyak juga manusia yang sudah kita baik-in, tetapi malah nyakitin kita. Sehingga sangat tidak diperbolehkan berharap terlalu berlebihan pada manusia.

5. Selalu Positive Thinking

Yakinlah pasti ada hal positif yang bisa ditarik benang merahnya dari segala masalah yang datang. Jangan selalu berpikir negatif, karena itu hanya akan menjadi toxic atau mengganggu pikiran kita. 

6. Selalu Berbuat Baik dengan Semua Orang

Yakinlah ketika kita berbuat baik dengan orang, semua kebaikan itu akan berbalik pada kita. Tidak harus selalu mengharapkan kebaikan dari orang yang telah kita baik-in, bisa saja hal baiknya akan datang dari orang yang lainnya lagi. Karena memang Tuhan akan selalu membalas semua kebaikan umatNya dari segala penjuru arah. Sebaiknya kita berbuat baik dan bisa bermanfaat bagi banyak orang. Jika tidak bisa bermanfaat atau membantu orang lain, maka setidaknya jangan menyakiti orang lain. 

7. Lebih Cintai Diri Kita Sendiri
Kita berhak bahagia, sehingga hilangkan semua hal toxic dalam kehidupan kita. Tidak semua hal perlu kita tahu, bisa saja kalau kita cari tahu lebih dalam bisa mengganggu diri kita atau bisa jadi hal toxic. Sehingga kembangkan potensi diri saja. Kita sebagai manusia wajib berkembang, jangan hanya mengikuti atau mencari tau hal toxic. Jangan terlalu ikut campur atau kepo dengan kehidupan orang lain. Sebaiknya kita fokus saja pada diri kita. Sekali-kali boleh lah kita memanjakan diri kita sendiri, bisa dengan melakukan hal kita sukai misalnya nonton film, nonton video lucu, makan coklat, eskrim atau hal lain yang bisa membuat mood kita menjadi lebih baik lagi. Ada orang yang berkata bahwa sebaiknya kita mencintai diri kita terlebih dahulu, baru cintai orang lain. Yang pertama tetap cinta pada Tuhan dulu ya, baru cintai diri kita, baru orang lain. 


Nah itu sedikit sharing pengalaman dariku. Itu juga sebagai self reminder bagiku, karena belum semua poin-poin di atas kulakukan. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar