Jumat, 20 September 2019

Tips Ketika Berkendara di Jalan Raya

Hallo guys, kali ini penulis akan share mengenai tips ketika kita berkendara di jalan raya, khususnya berkendara motor ya guys. Ketika berkendara sebaiknya lebih baik berhati-hati, agar kita selamat sampai tujuan ya guys. 





Yuk simak tips nya versi penulis :

1. Ketika akan berkendara, sebaiknya kita cek terlebih dahulu kendaraan kita. Pastikan tidak ada masalah, misalnya ban nya bagus, rem berfungsi, bensin masih ada dan lain-lain. 

2. Pastikan kita menggunakan pakaian yang safety. Misalnya memakai jaket, helm, pakai celana panjang. Jika memang akan memakai rok panjang, maka pastikan rok tidak sampai terbang-terbang kemana-mana. Selain itu juga pakai sepatu, karena kalau jatuh kaki kita tidak akan lecet terlalu parah. Kalau memang hanya berkendara dekat rumah maka pakai sendal saja boleh. 

3. Pastikan bawa surat-surat kendaraan secara lengkap seperti SIM (Surat Ijin Mengemudi), STNK, dan kartu identitas lainnya.  Jangan lupa untuk selalu perhatikan tanggal berlakunya surat-surat kita sampai kapan. Jangan sampai kita membawa surat kendaraan yang sudah tidak berlaku. Kita sebaiknya menjadi warga negara Indonesia yang baik dengan rajin membayar dan memperpanjang masa berlakunya surat-surat kendaraan kita.  

4. Ketika terdapat razia atau pemeriksaan polisi terkait kelengkapan surat-surat kendaraan, maka sebaiknya jangan menjauh dari polisinya. Lebih baik dekati polisinya, jangan kelihatan ketakutan. Kalau terlihat ketakutan, justru akan dicegat dan disuruh berhenti oleh polisinya. Bersikap biasa saja, jangan takut. Kalau memang disuruh untuk berhenti, maka santai saja turuti polisinya, lalu tunjukkan surat-surat lengkap kita. 

5. Jangan lupa di kendaraan kita selalu siapkan jas hujan, agar ketika terjadi hujan kita bisa langsung memakai jas hujan. 

Nah itulah sedikit tips dari penulis tentang berkendara yang baik di jalan raya, khususnya berkendara motor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar