Kamis, 19 September 2019

Tips Menghemat Air



Seperti yang kita tahu bahwa air itu sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa air, kita tidak dapat hidup. Kalau disuruh milih antara mati listrik atau mati airnya, penulis lebih memilih mati listrik saja. Jadi mendingan gelap-gelapan dari pada kekurangan air. Tapi yang jadi masalah saat ini adalah kita membutuhkan listrik untuk menyalakan mesin air, kecuali kalo airnya menimba secara tradhisional dari sumur ya. 



Berikut ini ada beberapa tips untuk menghemat air versi penulis. Yuk kita simak :

1. Ketika Mencuci Piring 
Ketika mencuci piring, kebanyakan orang pasti akan tetap menyalakan air kran pada saat sedang menyabun piring. Sebaiknya kita mematikan air kran ketika sedang menyabun piring ataupun gelas. Lalu nyalakan air kran sesuai kebutuhan saja, jangan menyalakan dengan memutar kran secara maksimal sehingga airnya keluar sangat besar. 

2. Ketika Mencuci Baju

Ketika mencuci baju, sebaiknya menggunakan mesin cuci. Karena saat ini sudah banyak mesin cuci yang menerapkan sistem hemat air, sehingga air yang digunakan hanya sesuai kebutuhan saja dan bisa berhemat. Selain itu, ketika kita mencuci sekalian banyak saja bajunya. Kalau mencuci baju sedikit demi sedikit maka akan lebih menggunakan air banyak. 

3. Gunakan Tissu Basah

Kita pasti sering makan menggunakan tangan, misalnya makan snack atau cemilan. Sebaiknya kita menggunakan tissu basah saja untuk membersihkan sisa makanan di tangan kita. Karena saat ini juga sudah banyak promo harga tissu basah. Sehingga kita bisa lebih menghemat air dengan tidak cuci tangan. 

4. Ketika Mandi

Ketika mandi pasti kita juga banyak menggunakan air, sebaiknya kita menggunakan air secukupnya. Jangan membuang air terlalu banyak untuk mandi. 

5. Ketika Berwudhu

Salah satu tips lagi ketika akan sholat pasti kita berwudhu terlebih dahulu. Sebaiknya kita menahan kesucian wudhu kita antara sholat maghrib dan sholat isya. Karena memang jarak sholat maghrib dan isya agak berdekatan, maka sebaiknya kita bisa menjaga wudhu kita dari maghrib sampai isya sehingga hanya sekali wudhu saja. 

Itu adalah beberapa hal kecil untuk menghemat air ya guys. Itu adalah tips dari penulis. Kurang lebihnya mohon maaf yang sebesar-besarnya. 


See you again pada tulisan saya selanjutnya. Yuhuuu



Terima kasih bagi yang membaca. Semoga bermanfaat. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar